SEJARAH INDONESIA-ASPEK KEPERCAYAAN PADA MASA PRAAKSARA-PERTEMUAN 3

 


Aspek Kepercayaan pada Masa Praaksara

MASA BERBURU DAN MENGUMPULKAN MAKANAN

Siapa yang pernah berkunjung ke museum? Museum merupakan salah satu tempat yang menampung sejarah dan budaya suatu bangsa. Di Indonesia terdapat banyak sekali  museum loh, salah satunya Museum Nasional Indonesia yang terletak di Jakarta. Museum Nasional Indonesia atau yang biasa disebut Museum Gajah adalah sebuah museum arkeologi, etnografi, geografi, dan sejarah. Di sana, terdapat beberapa artefak dan benda bersejarah lainnya; seperti taman arca, prasasti, peninggalan zaman praaksara; lumpung batu, batu bergores, arca megalitik, sarkofagus dan menhir.

Kehidupan masyarakat masa berburu dan mengumpulkan makanan sangat sederhana dan hanya bergantung pada apa yang disediakan oleh alam. Di masa ini, manusia purba tinggal di alam terbuka secara berkelompok, tinggal di gua-gua, atau membuat tempat tinggal di atas pohon besar. Manusia yang tinggal di gua dikenal sebagai cavemen (orang gua).

Sistem kepercayaan manusia diperkirakan bermula pada masa ini, hal itu dibuktikan dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding gua, salah satunya di Sulawesi Selatan. Lukisan ini ada yang berbentuk cap tangan, ada pula yang berbentuk seekor babi rusa dengan panah di bagian jantungnya.

Lukisan cap tangan dilambangkan sebagai sumber kekuatan dan simbol pelindung untuk mencegah roh-roh jahat sedangkan lukisan ini mengisyaratkan adanya kepercayaan terhadap roh nenek moyang pada masa berburu dan mengumpulkan makanan. Jadi, pada masa ini kepercayaan ditunjukkan dalam simbol-simbol tertentu.

MASA BERBURU DAN BERCOCOK TANAM

Masa bercocok tanam terjadi ketika manusia mulai hidup menetap di suatu tempat. Mereka memenuhi kebutuhan hidupnya dengan beternak hewan dan memanfaatkan hutan belukar untuk dijadikan ladang.

Pada masa ini, mereka mulai percaya kalo ada kehidupan baru setelah kematian. Oleh karena itu, masyarakat mengadakan upacara-upacara untuk menyenangkan hati roh nenek moyang yang telah meninggal. Pemujaan terhadap roh nenek moyang dilakukan melalui upacara penguburan, terutama jika mereka yang dianggap sebagai orang terkemuka oleh masyarakat. 

Pada upacara penguburan, jasad dibekali berbagai macam benda, seperti perhiasan, gerabah, dan benda yang dimiliki semasa hidupnya. Nah, benda-benda tersebut kemudian dikubur dalam satu tempat yang sama. Tujuannya agar perjalanan jasad ke kehidupan selanjutnya akan terjamin sebaik-baiknya. 

Menurut kepercayaan mereka, orang yang telah meninggal, lalu semasa hidupnya berjasa bagi masyarakat akan memiliki tempat khusus di akhirat, lho. Biasanya keluarga dan kerabat terdekat akan mengadakan pesta dan mendirikan batu-batu besar. Batu-batu tersebut dihias dengan ukiran atau lukisan yang melambangkan kehidupan roh semasa hidup.

Penempatan penguburan jasad dan batu-batu besar tersebut berupa dolmen, sarkofagus, kubur batu, menhir, dan kubur peti batu yang digunakan untuk sarana penyembahan. Hmm, kalo sekarang sih kayak nisan atau salib yang berguna sebagai penanda sebuah kuburan.

Masa bercocok tanam terjadi ketika manusia mulai hidup menetap di suatu tempat. Mereka memenuhi kebutuhan hidupnya dengan beternak hewan dan memanfaatkan hutan belukar untuk dijadikan ladang.

Pada masa ini, mereka mulai percaya kalo ada kehidupan baru setelah kematian. Oleh karena itu, masyarakat mengadakan upacara-upacara untuk menyenangkan hati roh nenek moyang yang telah meninggal. Pemujaan terhadap roh nenek moyang dilakukan melalui upacara penguburan, terutama jika mereka yang dianggap sebagai orang terkemuka oleh masyarakat. 

Pada upacara penguburan, jasad dibekali berbagai macam benda, seperti perhiasan, gerabah, dan benda yang dimiliki semasa hidupnya. Nah, benda-benda tersebut kemudian dikubur dalam satu tempat yang sama. Tujuannya agar perjalanan jasad ke kehidupan selanjutnya akan terjamin sebaik-baiknya. 

Menurut kepercayaan mereka, orang yang telah meninggal, lalu semasa hidupnya berjasa bagi masyarakat akan memiliki tempat khusus di akhirat, lho. Biasanya keluarga dan kerabat terdekat akan mengadakan pesta dan mendirikan batu-batu besar. Batu-batu tersebut dihias dengan ukiran atau lukisan yang melambangkan kehidupan roh semasa hidup.

Penempatan penguburan jasad dan batu-batu besar tersebut berupa dolmen, sarkofagus, kubur batu, menhir, dan kubur peti batu yang digunakan untuk sarana penyembahan. Hmm, kalo sekarang sih kayak nisan atau salib yang berguna sebagai penanda sebuah kuburan.

Masa bercocok tanam terjadi ketika manusia mulai hidup menetap di suatu tempat. Mereka memenuhi kebutuhan hidupnya dengan beternak hewan dan memanfaatkan hutan belukar untuk dijadikan ladang.

Pada masa ini, mereka mulai percaya kalo ada kehidupan baru setelah kematian. Oleh karena itu, masyarakat mengadakan upacara-upacara untuk menyenangkan hati roh nenek moyang yang telah meninggal. Pemujaan terhadap roh nenek moyang dilakukan melalui upacara penguburan, terutama jika mereka yang dianggap sebagai orang terkemuka oleh masyarakat. 

Pada upacara penguburan, jasad dibekali berbagai macam benda, seperti perhiasan, gerabah, dan benda yang dimiliki semasa hidupnya. Nah, benda-benda tersebut kemudian dikubur dalam satu tempat yang sama. Tujuannya agar perjalanan jasad ke kehidupan selanjutnya akan terjamin sebaik-baiknya. 

Menurut kepercayaan mereka, orang yang telah meninggal, lalu semasa hidupnya berjasa bagi masyarakat akan memiliki tempat khusus di akhirat, lho. Biasanya keluarga dan kerabat terdekat akan mengadakan pesta dan mendirikan batu-batu besar. Batu-batu tersebut dihias dengan ukiran atau lukisan yang melambangkan kehidupan roh semasa hidup.

Penempatan penguburan jasad dan batu-batu besar tersebut berupa dolmen, sarkofagus, kubur batu, menhir, dan kubur peti batu yang digunakan untuk sarana penyembahan. Hmm, kalo sekarang sih kayak nisan atau salib yang berguna sebagai penanda sebuah kuburan.





GAMBAR DOLMEN



MASA PERUNDAGIAN

ada masa perundagian, manusia sudah mengenal cara mengolah logam. Kepercayaan masyarakat di masa perundagian nggak jauh berbeda dengan masa sebelumnya. Mereka masih melakukan pemujaan terhadap roh nenek moyang dan memelihara hubungan dengan orang yang sudah meninggal. Nah, yang membedakan yaitu alat yang digunakan untuk praktik pemujaan. Di masa ini, benda yang digunakan terbuat dari bahan perunggu.



kapak perunggu

Masyarakat melakukan penguburan sesuai dengan tingkatan sosial. Jadi, penguburan orang yang terpandang dan rakyat biasa tuh berbeda ya. Penguburan orang-orang terpandang selalu dibekali dengan barang mewah. Upacara yang dilakukan pun diarak oleh banyak orang. Hmm, sebaliknya nihkalo yang meninggalnya rakyat biasa, upacaranya sederhana dan kuburan mereka nggak dibekali dengan barang-barang mewah. 

Upacara kematian menjadi hal yang penting di masa perundagian. Seiring berjalannya waktu, hal itu membuat sistem penguburan mengalami perkembangan dan menghasilkan situs arkeologi yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia.

A. Sistem Penguburan Langsung (Primary Burial)

Sistem penguburan langsung dilakukan dengan cara mengubur langsung jasad ke dalam tempat yang sudah disiapkan. Penguburan langsung dilakukan di tempat arwah nenek moyang

B. Sistem Penguburan Tidak Langsung (Secondary-burial)

Penguburan tidak langsung dilakukan dengan mengubur mayat lebih dahulu dalam tanah atau kadang-kadang dalam peti kayu yang dianggap sebagai kuburan. Kemudian dalam jangka waktu tertentu sebagian/seluruh tulang akan diambil untuk dikuburkan kembali di tempat yang disediakan. Jadi, sistem penguburan sekunder ini menguburkan kembali tulang ke dalam sebuah wadah kubur yang terbuat dari batu, yaitu tempayan.

Nah, sebelumnya kan sudah dijelaskan bahwa upacara penguburan terjadi di masa berburu dan bercocok tanam dan masa perundagian. Kamu tahu nggak, seiring berjalannya waktu, upacara ritual kepercayaan mengalami perkembangan, lho. Mereka tidak hanya melakukan upacara yang berkaitan dengan leluhur, tetapi dengan mata pencaharian yang mereka lakukan. Misalnya, upacara khusus yang dilakukan oleh masyarakat pantai yaitu penyembahan kekuatan yang dianggap sebagai penguasa pantai. Penguasa inilah yang mereka anggap memberikan kemakmuran hidupnya. Di daerah pedalaman atau pertanian ada upacara persembahan kepada kekuatan yang dianggap sebagai pemberi berkah terhadap hasil pertanian.



11 Responses to "SEJARAH INDONESIA-ASPEK KEPERCAYAAN PADA MASA PRAAKSARA-PERTEMUAN 3"

  1. Asalammualaikum,degan saya husniatun hasanah,saya sudah selesai membaca materi yg ibuk beri terimakasih

    BalasHapus
  2. Ermi devita : saya sudah membaca dan memahami materi yang ibuk berikan terimakasih buk..

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum buk saya isma warni saya sudah membaca dan memahami materinya yang ibuk berikan terimakasih bukk..

    BalasHapus
  4. Assalamulaikum pak buk saya Ainul hadiya sudah membaca dan memahami materi yang ibuk berikan,terima kasih

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh dengan saya maudatul Izza saya sudah membaca dan memahami materi yang sudah ibuk/bapak berikan....

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh dengan saya islamina saya sudah membaca dan memahami materi yang sudah ibuk/bapak berikan....

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum saya dengan Atika zahra sudah memahami yg ibuk suruh

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum saya dengan nelda Fitria telah memahami yg ibuk suruh

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum Saya dengan nama amin labura sudah membaca dan memahami materi yng bapak /ibuk berikan

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum buk saya dengan Nuzulliana sudah membaca materi yang sudah ibuk berikan

    BalasHapus
  11. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya sudah siap membaca dan memahami materi yang ibik bpak berikan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel